akuntansi

 BAB II

TINJAUAN PUSTAKA
A.Pengertian AkuntansiAkuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapatdimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentinganlainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Banyak para ahli yangmenjabarkan tentang pengertian akuntansi, antara lain :
1.Definisi akuntansi yang dikeluarkan oleh America Institute of CertifiedPublic Accountants (AICPA) sebagai berikut :“Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan datakuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomiyang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilihalternatif-alternatif dari suatu keadaan”.
2.Definisi akuntansi menurut ahli lain adalah :“Akuntansi merupakan suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehinggamemungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien.Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai proses mengidentifikasikan, mengukurdan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusanyang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut”.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan :
1.Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukurandan pelaporan informasi ekonomi.
2.Bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan akanberguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yangbersangkutan.1 AICPA,Statement of the Accounting Principles Board Nomor 4, New York, Oktober1970, hal. 172 Akuntansi suatu pengantar buku satu edisi dua hal. 5, Soemarso SR, Jakarta,1986Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuanekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Untuk menghasilkan informasiekonomi, perusahaan perlu menciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan,analisa dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan, kemudianmelaporkan hasilnya.
Kegiatan akuntansi meliputi :
1.Pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilankeputusan.
2.Pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yangdihasilkan.
3.Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan.Didalam akuntansi untuk memudahkan pengerjaan maka dibuat pengkodean akun.Pengkodean akun bersifat fleksibel artinya tidak terpaku pada satu jenis kode,melainkan tergantung kebijakan perusahaan. Secara umum kode yang sering digunakandapat berupa angka, huruf, atau kombinasi huruf dan angka.
B.Susunan Laporan KeuanganTujuan laporan keuangan menurut Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian LaporanKeuangan (IAI, 1994) adalah : menyediakan informasi yang menyangkut posisikeuangan. Kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yangbermanfaat bagi sejumlah besar perubahan yang bermanfaat bagi sejumlah besarpemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. PSAK (Pernyataan Standar AkuntansiKeuangan) No.1 (revisi 1998) tentang penyajian laporan keuangan menyatakan bahwalaporan keuangan lengkap terdiri dari komponen sebagai berikut :
1.Neraca, yaitu laporan yang menunjukkan keadaan suatu perusahaan pada tanggaltertentu.
2.Laporan laba rugi, yaitu laporan yang menunjukkan hasil usaha dan biaya-biaya selama suatu periode akuntansi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: